Peluang Usaha di Pasar Malam


pasar-malam

Di beberapa kampung, desa, dan kecamatan di Pulau Jawa (mulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur) dikenal dengan adanya acara Pasar Malam atau istilah masyarakat setempat adalah Pe-Em, acara ini biasanya digelar antara 1 minggu sampai dengan 2 minggu tergantung kondisinya. Jika kondisinya ramai terus dengan pengunjung biasanya akan berlangsung lebih lama, dan sebaliknya jika kondisinya kurang ramai pengunjung maka hanya beberapa hari saja. 

Berikut ini pembahasan tentang upaya untuk meraih Peluang Pasar di Pasar malam; sbb :
Jika ada hari raya, musim panen, atau libur sekolahan, maka pastilah akan muncul acara tersebut. Secara umum masyarakat sudah mengenal tentang hal ini, dan mereka akan menyisihkan sebagian anggaran rumah tangganya untuk berkunjung ke acara ini, karena biasanya dituntut oleh anak anaknya. Perangkat Kampung, Desa, atau Kecamatan biasnya akan merasa senang, karena ada hiburan untuk masyarakatnya dan selain itu mereka mendapat uang sewa lahan milik Kampung, Desa, atau Kecamatan yang digunakan untuk acara tersebut.

Efek domino dari digelarnya acara Pasar Malam ini ternyata luar biasa hebat, kehidupan ekonomi menjadi bergairah dan masyarakat cukup antusias, para pedagang akan berkumpul disekitar Pasar Malam untuk menjajakan dagangannya, dari mulai berbagai jenis kuliner, mainan anak, pakaian, pernak pernik asesories, elektronik, peralatan sekolah, dll. Jasa transportasi umum menjadi ramai; misalnya : angkutan pedesaan, ojek, becak, dll. 

Demikian juga halnya dengan para pemuda yang tergabung dalam karangtaruna atau LSM akan memperoleh kesibukan karena akan mengambil porsi beberapa pekerjaan; misalnya jasa parkir, jasa pengaturan tempat pedagang, dan jasa jasa lainnya. Para pdagang ada dua jenis, jenis pertama adalah para pedagang yang biasanya ikut rombongan pemeran utama cara Pasar Malam, dan jenis pedagang lainnya adalah pedagang kaki lima kagetan yang hanya ikut nimbrung dalam keramaian.

pasar_malam

Pemeran utama dalam acara Pasar Mala ini ternyata adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam jasa Hiburan Rakyat; dimana bisnis utamanya (core business) adalah menyediakan berbagai jenis jasa dan fasilitas hiburan untuk masyarakat. Jasa hiburan yang umumnya disediakan antara lain; Komidi Putar (atau Carusel), Kincir, Tong Edan (atau Hell Driver), Ombak Banyu (atau Ocean Wave), Tora Tora, Rumah Hantu (atau Ghost House), Kereta Api Mini (atau Mini Train), Odong odong, Trampolin, Istana Balon, Mandi Bola, dll. Jika kita bandingkan dengan jasa hiburan yang disediakan oleh Dufan (Dunia Fantasi) atau Disneyland, mungkin ini format mini dari jasa penyedia hiburan seperti itu. 

Perusahaan ini biasanya berpindah pindah tempat mengadakan acara penyediaan jasa hiburan dalam Pasar Malam dan umumnya diikuti oleh kelompoknya para pedagang pakaian, pedagang makanan, dll. Perusahaan biasanya kan menyewa tempat milik pemerintah daerah; misalnya di area alun alun, lapangan bola, atau tanah kosong disekitar Kantor Desa atau Kecamatan, atau bahkan Kabupaten dan Kota.

Jika kita ingin menjajagi untuk bidang usaha ini maka peluang usaha ini cukup bagus dan menghasilkan banyak keuntungan, namun kita akan dituntut kerja keras dan akan melelahkan karena berpindah pindah tempat dari satu lokasi ke lokasi lainnya, dan begitu seterusnya. Kita tidak perlu mengikuti jejak perusahaan penyedia jasa hiburan tersesebut karena akan membutuhkan modal dan tenaga kerja cukup banyak. 

Kami sudah menjajagi, dan kita bisa bergabung dengan perusahaan atau kelompok mereka asalkan jenis usaha kita belum ada di kelompok mereka. Jika kita bergabung pilihlah jenis usaha yang layak disediakan pada acara Pasar Malam dan jenis usahanya belum ada atau tidak sama dengan yang mereka miliki; misalnya saja : berjualan makanan, pakaian, dll. Untu bergabung biasanya dikenakan biaya bergabung dan hanya dipungut satu kali saja, kecuali biaya sewa tempat adalah hal yang berbeda namun bisa juga jika kita menginginkan untuk digabung dengan mereka.

pasar malam

Fasilitas yang diperoleh jika kita bergabung dalam usaha ini, maka kita akan mendapat fasilitas transportasi, alokasi lahan atau tempat dan setiap ada acara Pasar Malam yang diselenggarakan oleh mereka kita akan diberikan kesempatan dan diundang untuk menggelar usaha kita dalam acara Pasar Malam. Salah satu kerabat telah bergabung dan membayar sejumlah biaya untuk itu, jenis usahanya adalah berjualan pakaian anak, Pada setiap acara Pasar Malam selalu berjualan karena selalu diajak untuk ikut serta. 

Fasilitas berupa peluang pasar merupakan fasilitas dan kesempatan yang sangat berharga; semua pengunjung yang datang ke Pasar Malam pada umumnya sudah menyiapkan dana untuk hiburan dan belanja di tempat itu. Jika kita serius dan selalu melakukan improvisasi, maka bukan tidak mungkin perkembangan usaha akan lebih cepat tumbuh.

Dalam waktu singkat usahanya berkembang pesat, dan sekarang memperluas usahanya dengan berjualan juga pakaian dewasa dan pakain olahraga. Ketika ditanya tentang pendapatnya; cukup melelahkan namun selalu dalam kondisi senang dan bahagia karena usahanya ramai terus oleh pengunjung dan pembeli. Rasa lelah dan kurang tidur terobati dengan perasaan yang selalu senang serta keuntungan yang selalu datang pada setiap acara Pasar Malam. 

Jika di satu lokasi sudah mulai sepi pengunjung, maka segera berpindah tempat ke lokasi lainnya yang dinilai membutuhkan hiburan rakyat sejenis Pasar Malam. Peluang usaha lainnya untuk bergabung dalam acara Pasar Malam masih terbuka lebar tergantung pada niat dan kreatifitas kita.

Bisa juga kita mencoba untuk usaha kaki lima dan ikut nimbrung dalam keramaian Pasar Malam, namun hal ini akan terkendala dengan permasalahan lokasi usaha, perizinan, dan mungkin pungutan yang tidak jelas. Pilihan untuk bergabung dengan perusahaan pemeran utama Pasar Malam merupakan solusi yang lebih baik jika kita ingin mendapatkan peluang dan berpartisipasi dalam kegiatan usaha di Pasar Malam. 

Jumlah pengnjung yang datang ke lokasi usaha millik rombongan Pasar Malam lebih banyak disbanding dengan pengunjung yang datang ke pedagang kaki lima kagetan dan dan hanya ikut nimbrung keramaian. Seiring dengan berjalannya waktu, maka kita akan menjadi bagian dari rombongan pemeran utama Pasar Malam, dan selanjutnya kita akan semakin memahami tentang jenis bisnis ini. Apapun jenis usaha yang ditekuni asal dilakukan dengan niat baik dan bekerja keras, maka hasilnya akan dapat dirasakan.

Comments

Popular posts from this blog

Wirausaha Las Teralis, Pagar, Canopy

Wirausaha Toko Komputer

Usaha Pembuatan Es Batu