Sunday, February 5, 2017

Usaha Pembuatan Es Batu


mesin es batu
Akhir akhir ini kebutuhan akan es batu diberbagai tempat makin banyak, hal ini disebabkan oleh karena makin banyaknya pedagang minuman ringan yang menggunakan es batu dalam menyajikan minumannya. Selain itu makanan Seafood juga membutuhkan sejumlah banyak es batu untu menuimpan bahan bakunya; seperti udang, cumi, ikan, dll. Restoran dan Cafe yang juga membutuhkan es batu dalam jumlah banyak semakin banyak bermunculan. Hal ini menciptakan peluang Usaha Es Batu yang cukup menjanjikan keuntungan karena dalam pembuatan es batu bahan baku yang digunakan cuma air bersih.

Dalam pembuatan Es batu ini sangat sederhana sekali dan setiap orang dapat membuatnya di rumah, hanya dengan menggunakan Kulkas dan bahan baku air bersih. Namun demikian dengan kebutuhan yang begitu banyak, kapasitas sebuah kulkas atau freezer biasa tidak akan mencukupinya. Pada saat ini sudah tersedia dipasaran Mesin pembuat pembuat Es Batu Kristal atau Es Cube. Mesin Es kristal atau Ice Cube Machine adalah sebuah mesin pembuat es batu berbentuk kubus kecil dengan ukuran kubus kira kira 20mm. Mesin pembuat es batu ini berkapasitas besar, yakni mampu memproduksi sampai puluhan kilo per harinya.


es batu

Dengan bermodalkan Mesin Pembuat es Batu Kristal berkapasitas kira kira 100Kg per hari saja, jika pemasarannya atau penyerapan hasil produksinya bagus maka kita akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Harga sebuah mesin pembuat es batu dengan kapasitas sebesar itu berkisar antara 20 s/d 30 juta rupiah. Harga per kilogram es batu berkisar antara Rp. 1000,- s/d. Rp. 1500,- sehingga dalam sehari kita memperoleh pendapat sekitar Rp. 150.000,- atau dalam sebulan Rp. 4.500.000,-. Jika kita dapat menjaga kesetiaan konsumen dan menjaga produksi Es Batu dengan baik maka hal ini akan menjajikan keuntungan yang lumayan besar. Pada tahan selanjutnya kita dapat meningkatkan kapasitas produksi dengan membeli mesin es batu dengan kapasitas yang lebih besar lagi.

Langkah yang harus dilakukan dalam menjalan Usaha Es Batu adalah sebagai berikut :

1. Menyiapkan Mesin Es Batu.
Pada saat ini sudah banyak tersedia Mesin Pembuat Es Batu Kristal dengan berbagai ukuran kapasitas produksi, semakin tinggi kapasitas produksi semakin mahal harganya. Maka kita harus melakukan investasi untuk membeli Mesin Pembuat Es Batu Kristal, mesin ini memilki kelebihan yaitu berproduksi terus menerus membuat es batu dan relatif cepat sekitar 15 menit kita sudah bisa memperoleh es batu.


2. Menyediakan Sumber Air Bersih.

Untuk pembuatan Es Batu dibutuhkan bahan baku air bersih yang bagus antara lain bening dan tidak berbau. Hal ini dapat diperoleh antara lain melalui sumur atau air dari PDAM. Air bersin yang bagus dapat menghasilkan es batu yang bagus bersih dan disukai konsumen, serta menjamin bahwa mesin es akan selalu bersih dan tidak perlu melakukan pemeliharaan dan pembersihan yang memakan banyak waktu dan tenaga.

3. Menyediakan Sumber Listrik.
Untuk menjalan Mesin Pembuat es Batu dibutuhkan sumber daya listrik yang mencukupi; misalnya saja untuk mesin kapasitas antara 80 s/d 100 kg es batu perhari dibutuhkan listrik sekitar 600 watt. Sehingga pemasangan instalasi listrik dari PLN harus mempertimbangkan hal tersebut, perlu diketahui bahwa 2 paket PLN artinya kapasitas 900VA.

4. Menjaring Pasar.

Es Batu tidak dapat dijajakan seperti barang dagangan umum lainnya, karena harus tetap tersimpan dalam keadaan dingin didalam freezer atau mesin es. Sehingga dalam menjaring pasar kita harus melakukan pendekatan kepada calon konsumen sambil membawa contoh es batu dalam coolbox atau thermos es. Selanjutnya kita jelaskan bahwa kita siap menyediakan es batu sesuai jumlah yang dibutuhkan lalu tinggalkan no handphone untuk komunikasi selanjutnya. Pada umumnya calon konsumen akan menyebutkan jumlah kebutuhannya dan jam atau waktu pengiriman yang harus dilakukan. Kadang kadang beberapa konsumen ingin dilakukan pengiriman lebih dari satu kali per harinya.

0 comments:

Post a Comment