Usaha Pemancingan Ikan

pemancingan ikan

Kolam Pemancingan Ikan Tawar selalu ramai dikunjungi oleh para penggemar mancing terutama pada hari libur dan week end, para pemancing biasanya menghabiskan waktu seharian di kolam pemancingan hanya untuk menyalurkan hobinya. Kolam Pemancingan Ikan menjadi sarana hiburan bagi para penggemar mincing, katanya untuk menghilangkan stress, menyalurkan hobi, dan melepaskan pikiran dari kegiatan pekerjaan sehari hari yang menguras tenaga dan pikiran. 

Penyediaan fasilitas Pemancingan Ikan merupakan peluang usaha yang menjanjikan keungtungan; karena peminatnya makin lama makin bertambah; terkait dengan kebutuhan akan hiburan dan refreshing. Berikut ini pembahasan tentang tips Wirausaha Pemacingan Ikan; sbb :

Beberapa diantara para pemacing ada yang ditemani oleh keluarganya, anak dan isteri, sehingga memancing dijadikan sarana hiburan keluarga. Anak anak pada umumnya merasa senang dan gembira disuguhi hiburan memancing ikan, asalkan sering mempeoleh ikan walaupun ikan kecil. Kesenangan dan rasa puas memancing ikan terletak pada saat kail dan umpan dimakan oleh ikan dan tali pancing ditarik, sampai ikan diangkat dari kolam. Beberapa pemancing tidak hanya datang pada hari libur dan week end, namun setiap ada kesempatan mereka selalu hadir di pemancingan ikan; misalnya sepulang dari pekerjaan sampai waktu malam hari.


Kondisi seperti ini tentu saja merupakan peluang yang baik bagi para pengusaha Pemancingan Ikan untuk menyediakan fasilitas pemancingan sesuai dengan kebutuhan dari para penggemar mincing. Untuk itu mereka harus menyediakan pemancingan dengan berbagai jenis metode dan juga berbagai jenis kolam pemancingan serta berbagai jenis ikan yang ditanam. Jenis pemancingan yang umum dan banyak disediakan oleh para pengusaha pemancingan adalah memancing sepuasnya dan dapatkan sebanyak banyaknya ikan, kemudian diakhir pemancingan ikan yang diperoleh akan ditimbang untuk selanjutnya pembayaran dihitung berdasarkan jumlah berat ikan yang diperoleh. Metoda lainnya yang sering ditawarkan adalah paket memancing ikan berdasarkan waktu; misalnya : para pemancing diharuskan membayar tiket untuk memancing selama 4 jam. Setelah 4 jam berakhir maka selesailah paket memancing tersebut, berapapun ikan yang diperoleh itu menjadi haknya pemancing.Dalam metode seprti ini kadang banyak pemancing yang merasa dikecewakan karena tidak memperoleh ikan, sehingga kadang kadang timbul prasangka yang kurang baik kepada penyelenggara.

kolam pemancingan ikan

Untuk menjajagi usaha pemancingan ikan air tawar, maka yang harus dipertimbangkan pertama kali adalah tentang tempat atau kolam ikan. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menyediakan kolam pemancingan ikan agak kompleks; misalnya kolam harus strategis tidak boleh jauh dari tempat keramaian, misalnya dipinggiran kota. Namun kita juga harus memastikan bahwa system pengairan terhadap kolam tersebut cukup baik untuk kehidupan ikan air tawar. Kita harus mengupayakan ada aliran air yang kontinyu terhadap kolam, dengan kualitas air yang baik tidak tercemar oleh limbah industri. Untuk memperlancar dan meratakan sirkulasi air ke kolam maka dibuat pipa air yang mengalir diatas kolam dan melitas ketengah kolam. Selanjutnya kita menyiapkan kolam menjadi arena pemancingan umum, yaitu menyediakan lapak yang diberi pembatas untuk pemancingan. Jka memungkin kan setiap lapak difasilitasi dengan kanopi atau saung.untuk melindungi para pemacing dari sinar matahari. Lapak yang dibuat harus diupayakan cukup nyaman untuk ditempati para pemancing dan keluarganya.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan ikan yang akan ditanam di kolam pemancingan, jenis ikan, ukuran ikan, jumlah ikan, waktu penanaman. Jenis ikan yang ditanam biasanya adalah ikan mas, ikan tawes, ikan mujair, dan ikan nila merah. Ukuran ikan bisanya dihitung jumlah per kilogramnya; misalnya ukuran 1 kilogram 2 ikan, ukuran 1 kilogram 3 ikan, dll. Untuk ikan mas ditanam yang ukurannya besar dan sedang yaitu 1 kilogram 2 ikan, dan 1 kilogram 3 ikan, sedangkan mujair ukuran 1 kilogram 4 ikan atau 5 ikan. Demikian juga hal nya untuk nila merah dan ikan tawes ditanam ukuran besar dan sedang yaitu 1 kilogram 3 ikan. Semua ikan disimpan dalam kolam penyimpanan atau penampungan sebelum ditanam ke kolam pemancingan. Ikan dipindahkan ke kolam pemancingan sehari sebelum acara pemancingan umum diselenggarakan. Tentunya kita akan membutuhkan karyawan untu pengelolaan kolam pemacingan dan karyawan untuk mengelola ikan yang akan ditanam.
usaha pemancingan ikan

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah bahwa kita juga mesti menyiapkan toilet dan ruangan untuk berbadah (mushola), serta kantin atau warung untuk memenuhi kebutuhan para pemacing. Beberapa penyelengara pemacingan ada yang tidak memperhatikan tentang hal ini, maka lambat laun para pemacing akhir berpindah lokasi menuju ke tempat lain yan lebih nyaman. Disisi lain dengan menyiapkan kantin atau warung ternyata menjadi nilai penghasilan lainnya yang cukup signifikan, bahkan dalam beberapa kasus penghasilan kantin bias lebih besar disbanding dari kolam pemacingan itu sendiri. Beberapa penyelenggara pemancingan menyediakan fasilitas pembakaran ikan bagi para pemancing disertai tempat untuk makan. Sedangkan bumbunya seperti kecap, saus, garam, dsb disediakan di warung.

Demikian juga halnya kita mesti memikirkan tentang penyediaan perlatan pancing dan kebutuhan umpan untuk para pemacing. Jika kita punya modal maka kita harus menyiapkan took kecil yang menyediakan peralatan pancing; seperti : kail, joran, tali pancing, jala tempat ikan, berbagai jenis umpan, essence untuk pewangi umpan, reel pancing, dll. Jika kita jeli sebagai wirausahawan maka kita bias menjadikan usaha pemacingan seolah olah menjadi “one stop service” untuk pemancingan umum. Bahkan anak anak dan anggota keluarga yang diajak oleh para pemacing sebenarnya merupakan peluang untuk disediakan berbagai jenis hiburan. Hiburan yang paling sederhana untuk anak anak adalah Play Station. Para pemancing akan erasa puas dan senang tidak diganggu oleh anaknya atau anggota keluarganya.

Comments

Popular posts from this blog

Wirausaha Las Teralis, Pagar, Canopy

Wirausaha Toko Komputer

Usaha Pembuatan Es Batu