Saturday, October 5, 2013

Wirausaha Toko Komputer


Perkembangan teknologi komunikasi yang berkembang begitu cepat di seluruh dunia merambat ke negeri kita, sehingga kebutuhan akan Perangkat Komputer juga meningkat. Menjalankan Wirausaha Toko Komputer akani selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, dan kita harus mengikutinya untuk bisa tetap eksis. Sisi lain dari keuinikan menjalan bisnis ini dapat memperbanyak pengetahuan dan mengetahui perkembangan di dunia teknologi komputer sehingga kita bisa menjadi sumber inspirasi untuk orang orang yang belum paham tentang teknologi komputer. Dalam perkembangannya komputer sudah menjadi kebutuhan masyarakat kita khususnya untuk pelajar, mahasiswa dan pekerja. Dengan maraknya situs jejaring sosial menambah perkembangan bisnis dibidang komputer, terutama dalam kaitannya dengan akses internet.


1. TEMPAT USAHA 
Tempat usaha diupayakan berlokasi di depan jalan besar dengan bangunan yang baik sehingga menjadikan tempat usaha komputer sangat strategis untuk sasaran penjualan yang bagus. Sebaiknya tempat usaha juga dilengkapi dengan tempat parkir yang luas dan aman sehingga membuat para konsumen merasa nyaman.
1.1. GUDANG 
Gudang digunakan untuk tempat penyimpanan yang aman bagi semua barang-barang komputer agar tidak terjadi kehilangan, seharusnya disediakan tempat yang luas dan dilengkapi pengamanan yang cukup bila perlu dipasang fasilitas CCTV untuk memantau keadaan tempat ini setiap saat kita butuhkan. 
1.2. RUKO 
Ruko akan digunakan untuk memajang barang barang kompueter dagangan sehingga bisa diketahui oleh publik barang apa saja yang tersedia, juga dijadikan tempat untuk melakukan transaksi jual beli. Tempat ini akan banyak didatangi oleh calon pelanggan (pembeli), maka sebaiknya dibuat nyaman dan betah sehingga calon pelanggan merasa puas dan kembali lagi bila ada keperluan lainnya. Ruko juga harus dipasang spanduk dan papan iklan sehingga setiap orang yang lewat menyempatkan diri untuk melirik. Sediakanlah tempat parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan mobil, bila perlu parkir gratis saja.


2. HARDWARE KOMPUTER 
Hardware atau Perangkat Keras merupakan komponen yang sangat penting dalam komputer supaya komputer dapat bekerja dengan performa yang maksimal. Beberapa jenis hardware yang seharusnya tersedia di sebuah Toko Komputer; misalnya : Motherboard, Harddisk, Processor, RAM, VGA Card, Sound Card, dll. Di negara Jepang saya menyaksikan bahwa beberapa hardware bekas dan copotan yang fungsunya masih bagus dijual juga namun secara terpisah dan diberi label bahwa hardware tsb adalah bekas. 
2.1. MOTHERBOARD 
Perangkat keras yang biasa disebut dengan papan induk. Berfungsi untuk pengendalian komponen-komponen yang ada di dalamnya. Adanya kerusakan dalam motherboard dapat menyebabkan tidak berfungsi nya komputer itu bahkan bisa menyebabkan mati total. Macam-macam merk motherboard yang sering di gunakan ialah Gigabyte, Asus, ECS, Foxconn, dan Savio. Spesifikasi Motherboard juga berbeda beda biasanya disesuaikan dengan kapasitas processornya.
2.2. HARDDISK 
Perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data dalam komputer. Juga berfungsi untuk membantu dalam proses pengoprasian komputer supaya komputer tidak lambat/lemot. Kapasitas Harddisk juga mempengaruhi kinerja komputer karena sangat berkaitan. Jadi harus di seimbangkan dengan semua perangkat yang ada dalam komputer. Kapasitas harddisk terdiri dari 40Gb, 60Gb, 80Gb, 160Gb, 250Gb, 500Gb, 1Tera, dll. Merk beberapa Harddisk antara lain Seagate, Samsung, WD, dan LG, dll.
2.3. PROCESOR 
Perangkat keras yang menjadi otak dalam komputer. Berfungsi untuk memproses dan mengolah data. Macam-macam procesor terdiri dari Pentium 4, LGA, Core Duo, Core 2 Duo, Core i3. Core i5, dan Core i7. Merk processor yang terkenal antara lain adalah Intel dan AMD.
2.4. RAM 
Perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dan berpengaruh dengan kecepatan kinerja komputer tergantung oleh kapasitas RAM tersebut. Kapasitas Ram terdiri dari 512 Mb, 1Gb, 2Gb, 4Gb, dan 8Gb.
2.5. KEYBOARD 
Perlengkapan pembantu yang termasuk dari perangkat keras dalam pengoprasian komputer yang berbentuk persegi panjang. Berfungsi untuk sarana pengetikan atau penginputan. Macam-macam Keyboard terdiri dari keyboard PS/2, keyboard USB, dan keyboard wairless.
2.6. MOUSE 
 Perlengkapan pembantu yang termasuk dari perangkat keras dalam pengoprasian komputer berfungsi untuk menggerakan kursor pada layar. Macam-macam mouse terdiri dari mouse PS/2, mouse USB, dan Mouse Wireless.
2.7. MONITOR
 Layar (displayer) yang menampilkan proses pengoprasian komputer. Monitor itu sendiri sekarang sudah berkembang menjadi LCD dan LED. Bahkan saat ini ada beberapa merk TV Plasma, LCD, dan LED yang bisa langsung dijadikan monitor komputer.


3. SOFTWARE KOMPUTER 
Perangkat lunak yang mendukung perangkat keras. Softwere ini membantu proses pengoprasian dan pengontrolan sistem komputer agar bisa di jalankan. Beberapa jenis Software yang sebaiknya tersedia di sebuah Toko Komputer adalah Operating System, Anti Virus, MS Office, dan Pengolah Image.
3.1.OPERATING SYSTEM (WINDOWS) 
Program aplikasi yang termasuk dari softwere ini berfungsi untuk membantu tampilan dan pengoperasian komputer supaya terlihat lebih menarik tergantung dengan spesifikasi komputer itu sendiri. Windows sendiri terdiri dari Wnidows XP, Windows 7 dan 8.
3.2.MICROSOFT OFFICE 
Program aplikasi yang membantu dalam pengolahan penulisan dan data dalam pengoprasian komputer. Microsoft Office ini terdiri dari Word, Excel, Access, Outlook, Infopath, Publisher dan Powerpoint. Macam-macam MS Office ialah Office 2003, Office 2007 dan Office 2010.
3.3.ANTI VIRUS
 Termasuk dalam program aplikasi yang berfungsi untuk mencegah virus atau malware masuk dan merusak sistem aplikasi komputer yang akan membuat komputer menjadi lambat/lemot dan tidak dapat dioperasikan/digunakan dengan baik. Macam-macam antivirus terdiri dari Anvas, Ansav, Avira, Smadav, Kaspersky dan Norton, dll.


4. ASESORIES KOMPUTER
 Asesories Komputer merupakan perlengkapan yang di gunakan untuk suatu fungsi penggunaan komputer untuk tujuan atau performa tertentu. Banya sekali jenis asesories komputer, dan selanjutnya kita harus pintar melihat peluang serta tren kebutuhan konsumen. Beberapa contoh asesories komputer; misalnya : flashdisk, speaker, cooling pad, usb modem, peralatan LAN dan wifi.
4.1.FLASDISK 
Perlengkapan yang di gunakan untuk menyimpan data sementara dengan kapasitas yang terbatas (misalnya : 2 GB, 4 GB, 16 GB, 32 GB). Flashdisk bisanya sangat dibutuhkan oleh konsumen pengguna komputer karena fleksibilitasnya untuk memindahkan dan menyimpan data dengan praktis dan cepat.
4.2.SPEAKER 
Asesories ini juga banyak diminati oleh pengguna komputer karena pada saat ini komputer sambil digunakan untuk bekerja juga bisa digunakan sebagai player musik secara bersamaan.
4.3.COOLING PAD 
Perlengkapan yang mempunyai dua fungsi yaitu sebagai alat dudukan laptop dan alat pendingin laptop agar suhu mesin laptop tetap stabil. Permintaan Cooling Pad akhir akhir ini cukup banyak karena pengguna laptop biasanya ingin mengurangi kerusakan laptopnya akibat overheat.
4.4.CLEANER 
Pembersih kotoran dalam layar monitor dan bisa juga untuk keyboard serta peralatan komputer lainnya. Bahan pembersih cukup baik permintaannya karena terkait dengan pemeliharaan komputer dan pengguna sudah banyak yang mengenal tentang bahan pembersih ini.
4.5.ASESORIES KONEKSI INTERNET 
Asesories koneksi internet cukup tajam peningkatan permintaannya mungkin terkait dengan makin maraknya perkembangan situs jejaring sosial. Asesories yang banyak diminati antara lain adalah Wifi, USB Modem, Router, AP, Kabel Jaringan, dll.


5. PERLENGKAPAN TOKO 
Perlengkapan yang ada di dalam toko untuk membantu tata letak penempatan barang dan tata letak ruangan agar terlihat menarik. Perlengkapan itu sendiri terdiri dari :
5.1.ETALASE
 Lemari kaca yang berbentuk persegi panjang yang terdiri dari 3 rak dan 6 rak berlokasi didepan untuk menyimpan barang-barang yang terdapat dalam toko komputer agar terlihat lebih rapih, menarik dan lebih mudah di ambil saat kita butuhkan. Tujuan lain adalah agar barang terlihat jelas oleh konsumen sehingga memudahkan pencarian.
5.2. RAK, LEMARI PERLATAN KOMPUTER 
Rak atau Lemari yang besar akan dibutuhkan untuk penyimpanan berbagai peralatan komputer baik untuk di gudang maupun di ruko. Rak untuk di gudang sebaiknya terbuat dari besi sehingga kuat dan tahan lama sedangkan rak untuk di ruko sebaiknya terbuat dari aluminium dan kaca sehingga terlihat rapi dan menarik.
5.3.MEJA 
Tempat penyimpanan alat-alat yang di butuhkan dalam perbaikan komputer dan juga bisa di gunakan untuk menyimpan komputer di atas meja. Meja ini terbuat dari kayu yang berbentuk persegi panjang seperti meja kerja untuk kantoran.
5.4.KURSI 
Tempat duduk untuk para konsumen dan pekerja. Kursi ini biasanya terbuat dari plastik karena agar lebih praktis dan ringan dan mudah untuk di pindah pindahkan.



6. KARYAWAN 
Para personil yang menjalankan fungsi dan peran pekerjaan dalam sebuah toko komputer termasuk untuk mengembangkan toko itu sendiri. Tugasnya membuat rasa nyaman konsumen agar tetap menjadi pelanggan yang setia.
6.1.MARKETING
 Karyawan yang berperan dan memilki fungsi memasarkan produk-produk yang di jual dalam toko komputer agar para konsumen berminat untuk membeli produk-produk yang ditawarkan. Dalam perjalanannya fungsi Marketing sangat penting terutama untuk membangun jaringan dan pelanggan baru. Sebaiknya diupayakan untuk melakukan terobosan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan beberapa pihak yang membutuhkan peralatan komputer; seperti : perkantoran, warnet, sekolahan, dll. Dan selanjutnya akan diketahui beberapa kebutuhan rutin dari pelanggan baik jenis komponen, jumlah, spesifikasi serta merknya.
6.2.KASIR 
Karyawan yang berperan dan memiliki fungsi menjalankan administrasi penjualan untuk memudahkan konsumen melakukan pembayaran dalam pembelian perlatan komputer. Kasir juga sebaiknya melakukan pencatatan penerimaan uang dan mengklasifikasi berdasarkan jenis perlatan yang dibeli. Catatan ini dapat dijadikan bahan untuk melihat tren penjualan dan melakukan persediaan.
6.3.TEKNISI 
Karyawan yang berperan dan memilki fungsi melayani kebutuhan konsumen secara teknis dan bila diperlukan melakukan beberapa perbaikan dan pemeliharaan komputer. Kualifikasi Teknisi Komputer membutuhkan keterampilan dalam mengenal hardware secara teknis dan mampu mealkukan diagnosa kerusakan sampai perbaikan taraf sederhana.
6.4.PRAMUNIAGA. 
Karyawan yang berperan dan memilki fungsi untuk melayani kebutuhan konsumen terhadap perlatan komputer di toko komputer. Pramuniaga harus memilki kemampuan untuk bersikap sabar, ramah, melayani, dan juga mengenal jenis, spesifikasi serta merk peralatan komputer. Pramuniaga juga sebaiknya memilki kemampuan untuk menata dan menampilkan atau memajang peralatan komputer dalam etalase sehingga menarik perhatian calon pelanggan.


7. KENDARAAN 
Kendaraan akan dibutuhkan sebagai alat transportasi yang membantu dalam proses pengiriman barang agar barang maupun persediaan barang uputersebut tetap dalam kondisi yang baik dan layak di gunakan. Kendaraan yang kami punya antara lain :
7.1.MOBIL BOX 
Kendaraan roda empat yang di belakangnya terdapat tempat yang luas untuk mengangkut barang secara tertutup. Mobil Box akan dibutuhkan untuk proses pengiriman barang dan juga pemebelian untuk persediaan dalam jumlah yang banyak. Utilitas Mobil Box akan semakin tinggi apabila sudah terbentuk pelanggan tetap yang bersifat partai besar; seperti misalnya : perkantoran, sekolahan, warnet, atau bengkel tempat service komputer.
7.2.SEPEDA MOTOR. 
Sepeda Motor akan dibutuhkan untuk transportasi peralatan komputer dalam skala kecil dan jarak dekat. Sepeda Motor juga bisa digunakan untuk melakukan antisipasi penyediaan peralatan komputer yang tidak tersedia dan dibutuhkan oleh pelanggan; misalnya dengan membeli atau meminjam dahulu ke toko komputer lainnya. Hal seperti ini perlu dilakukan untuk menghindari kekecewaan pelanggan akibat tidak tersedianya perlatan komputer yang dicarinya.

8. MODAL 
Banyak cara untuk mengupayakan tersedianya modal bagi Wirausaha Toko Komputer; misalnya melalui Pinjaman Bank, Investasi Bagi Hasil, Dana Simpanan Pribadi, atau kombinasi dari ketiganya.
8.1.PINJAMAN BANK 
Uang yang di pinjamkan oleh Bank tertentu dengan jangka waktu yang telah di sepakati oleh kedua belah pihak, untuk membantu para pengusaha dalam membuka usahanya. Biasanya pihak Bank akan meminta jaminan atau melakukan survey terhadap bisnis plan, feasibility study atau kondisi usahanya.
8.2. INVESTASI BERBAGI. 
Dana atau pembiayaan diperoleh dari beberapa pihak yang ikut kontribusi untuk investasi dengan harapan memperoleh sebagian keuntungan dari usaha yang dijalankan. Dalam hal cara seperti ini dibutuhkan perjanjian tertulis yang menjelaskan hak dan kewajiban, faktor resiko, termasuk force majeur. Untuk mengurangi resiko biasa perlu adanya perlindungan pihak asuransi.
8.3.SIMPANAN PRIBADI 
Modal bisa saja menggunakan uang simpanan pribadi sehingga keuntungan yang diperoleh mutlak menjadi hak sendiri, namun harus dipertimbangkan beberapa resiko sehingga perlu juga untuk menggandeng pihak asuransi. Selain itu setiap waktu harus diupayakan untuk menyisihkan sebagian keuntungan untuk mengembalikan simpanan tersebut.

0 comments:

Post a Comment