Thursday, February 16, 2017

Mudah dan Praktisnya Usaha Jualan Bensin Eceran dengan POM Mini

Usaha POM Mini

Usaha POM Mini adalah usaha penjualan eceran BBM (Bahan Bakar Minyak) berupa Premium, Pertalite, dan Pertamax  dengan harga yang lebih tinggi dari harga resmi di SPBU. POM Mini mirip dengan SPBU menggunakan Pompa BBM yang  ukurannya tertera secara Digital layaknya di SPBU namun ukuran fisiknya secara umum lebih kecil dan bersifat  poratbel. POM Mini menjadi pilihan alternatif konsumen pada saat SPBU jauh dari jangkauan atau padat dengan antrian  atau karena kedekatan lokasi. Tidak dapat dipungkiri ternyata POM Mini banyak didatangi oleh konsumen pembeli BBM  karena berbagai alasan walaupu harganya sedikit lebih mahal dari SPBU. Seiring dengan makin banyaknya jumlah  kendaraan bermotor terutama sepeda motor, maka POM Mini memberikan peluang usaha yang cukup menguntungkan untuk  dijalankan terutama dilokasi yang jauh dari SPBU. Bahan Bakar Premium, Pertalite, atau Pertmax ternyata menjadi  kebutuhan harian hampir setiap lapisan masyarakat, karena saat ini hampir setiap keluarga memilki sepeda motor.

Usaha POM Mini membutuhkan investasi berupa mesin atau pompa POM Mini, tempat usaha dan bangunan kecil untuk  mennungguinya. Pompa POM ini ada dua macam ada jenis yang manual dan ada jenis yang digital, di tempat kami di Jawa  Barat lebih disukai yang digital karena lebih praktis dan sangat mirip dengan pompa BBM yang ada di SPBU. Ukuran  biasanya lebih tepat dan dapat diisikan langsung ke kendaraan menggunakan nozel layaknya di SPBU. Bensin disipan  dalam tangki penyimpanan yang kapasitasnya bisa mencapai 200 liter, kita harus mengisinya dengan cara membelinya  terlebih dahulu dari SPBU. Harga sebuah POM Mini Digital bermacam macam mulai dari harga Rp. 10.000,000,- sampai  dengan Rp. 50.000.000,- per buah. Kita bisa memulai dengan membeli POM Mini yang harganya paling murah.

Keuntungan yang diperoleh berasal dari perbedaan harga penjulan dengan harga pembelian di SPBU dikurangi biaya  transpor dari SPBU. Jangan melakukan penjulan terlalu mahal karena akan mengurangi peminat konsumen, biasanya  perbedaan harga dengan SPBU berkisar antara Rp. 500,- sampai dengan Rp. 1000,-. Kita sudah dapat membayangkan  keuntungan yang akan diperoleh; hanya tinggal mengalikan perbedaan harga dengan jumlah liter penjualan. Beberapa  POM Mini yang ada di sekitar kami, perharinya rata rata memperoleh keuntungan berkisar antara Rp. 300.000,- sampai  dengan Rp. 800.000,-. Keuntungan yang cukup menggiurkan, jika kita ingin memperoleh keuntungan yang lebih maka kita  harus memiliki 3 pompa per lokasi masing masing untuk Premium, Pertalite dan Pertamax; dan kemudian tambahlah  jumlah lokasi. tentu saja setiap lokasinya kita perlu menempatkan karyawan; untuk menarik konsumen tempatkan  karyawan yang berseragam dan bersikap ramah; biasanya wanita lebih ramah.

Menjual bensin eceran menggunakan alat POM Mini Digital lebih praktis dibandingkan saat masih menggunakan botol  atau jerigen. POM Mini Digital dilengkapi adanya ukuran digital yng dapat dibaca langsung oleh konsumen, sehingga  kepercayaan konsumen menjadi meningkat yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah penjulan. Kita juga perlu  memilki izin dari Pemerintah Daerah biasanya Kecmatan untuk dapat melakukan penjualan eceran BBM dan melakukan  pembelian jumlah banyak dari SPBU. Perlu diingat bahwa POM Mini membutuhan faktor keamanan dari resiko kebakaran  sehingga kita harus memiliki Pemadam Kebakaran dan menjaga faktor faktor yang dapat menimbulkan kebakaran. POM Mini  juga harus memiliki jarak yang cukup dari rumah dan bangunan untuk menghindari kerugian yang besar jika terjadi  kebakaran.

Sudah terbukti, Usaha POM Mini sangat menguntungkan dan sangat praktis untuk dijalankan jika beberapa persyaratan  dipenuhi; antara lain lokasi jauh dari SPBU, tidak menjual harga eceran terlalu mahal, tidak berdekatan dengan POM  Mini atau penjual eceran lainnya, lokasi dipinggi jalan yang dilalui kendaraan (sepeda motor), pelayanan konsumen  yang baik, menjual berbagai jenis Bensin, Premium, Pertalite, dan Pertamax, buka penjualan 24 jam, dll. Jika lokasi  POM Mini kita berdekatan dengan keramaian misalnya pasar; mini market, sekolahan, kantoran, dll, maka kita akan  memilki pelanggan tetap dan tentu saja setiap harinya akan ada penjualan.

0 comments:

Post a Comment