Usaha Jualan Pempek Palembang


menggoreng_pempek_palembang

 Berikut ini adalah pembahasan untuk melakukan Uasa Jualan Pempek Palembang berdasarkan pengelaman dan cukup baik;  meliputi faktor sbb :
Kebanyakan orang sudah mengenal Pempek Palembang; makanan khas dari kota Palembang Sumatera Selatan yang terbuat dari tepung kanji yang dikukus dan digoreng dengan rasa ikan tenggiri. Pempek Palembang jenis kapal selam sangat terkenal makanan ini sangat khas memilki cirri dengan bentuknya yang mirip kapal selam dan didalam diisi dengan rebusan telur ayam dan rasanya sangat gurih dan enak. 

Pempek Palembang biasanya disajikan didampingi dengan bumbu cair yang terbuat dari gula merah, kecap dan cuka serta rasa pedas dari cabai. Rasa Pempek Palembang boleh dikatakan gurih, enak, asam, manis, panas dan pedas; sekian jumlah rasa menjadi satu. Pempek Palembang banyak disukai orang terutama anak muda dan ibu ibu, dan tentu saja orang Palembang dan sekitarnya. 

Usaha Jualan Pempek Palembang sebagai usaha kuliner akan mendapatkan pendapatan dan keuntungan jika dikelola dengan memperhatikan penampilan, rasa, dan kebersihan; sehingga mendapat tempat dihati pelanggan.

Usaha jualan makanan Pempek Palembang sudah cukup banyak yang menggelutinya, namun demikian hal ini tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk mencoba usaha jenis ini karena dengan pamornya Pempek Palembang mampu menarik peminatnya yang cukup banyak.

kedai_pempek_palembang

Memulai membuka usaha dapat dilakukan secara bertahap, mulailah dengan membuka Kedai Pempek Palembang yang menyediakan segala jenis pempek serta makanan lainnya khas Palembang; misalnya : krupuk Palembang; dll. Di kedai itu kita hanya menjual jasa menggoreng dan menyajikannya kepada pelanggan, sedangkan pempek yang sudah setengah jadi (belum digoreng) kita membelinya dari pembuat Pempek Palembang. 

Saat ini banyak pembuat pempek  yang menjual bahan pempek setengah jadi (belum digoreng). Bahan makanan ini biasanya mampu bertahan 2 sampai 3 hari jika disimpan di lemari pendingin. Dengan cara seperti ini kita tidak perlu lagi membuat pempek sendiri yang tentu saja akan merepotkan dan menyita waktu. Kita juga tidak akan direpotkan dengan kalkulasi biaya, kita hanya perlu menghitung nilai jasa, nilai overhead dan tempat, biaya tenaga kerja,, serta margin yang layak

Hal hal yang perlu disiapkan adalah tempat atau kedai, tenaga kerja, peralatan menggoreng, meja kursi, lemari es, lemari makanan, meja kasir, dan peralatan untuk penyajian. Untuk menekan harga jual agar kompetitif maka kita harus efisien dalam semua hal. Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan efisiensi antara lain : bahan bakar, listrik, biaya tenaga kerja, minyak goreng, air bersih, alat transportasi (bahwa bahan baku harus didatangkan dengan menggunakan transportasi). Pempek disajikan setelah digoreng dan disertai dengan bumbu cair berwarna hitam yang terbuat dari cuka, kecap, dan bumbu lainnya, selain itu disertai juga dengan irisan mentimun. 

Sajian pempek harus terlesan menarik, enak dan gurih serta panas dan pedas. Dalam hal penyajian tentu saja kita juga mesti menyiapkan air minum dan berbagai jenis minuman lainnya; sebaiknya ada yang panas dan ada juga yang dingin. Minuman ringan yang dingin serta minuman jeruk, teh manis, kopi atau susu hangat adalah minuman yang standar harus tersedia.

pempek_kapal_selam

Perlatan makan harus selalu dalam keadaan bersih dan tersimpan dengan rapih, keberadaan piring atau gelas kotor diatas meja akan mengurangi selera para pengunjung untuk menikmati hidangan pempek kita. Untuk itu kita harus menyiapkan tempat untul mencuci perlatan makan dan minum yang praktis dan bersifat membersihkan. Selanjutnya kita juga harus menyiapkan tempat untuk menyimpan perlatan makan dan minum yang telah dibersihkan. Beberapa kesalahan yang terjadi adalah para penjual membersihkan peralatan makan dan minum seadanya dan sembarangan dan hal ini terlihat jelas oleh pengunjung. Jika kita menjual makanan atau minuman maka faktor kebersihan harus mendapat perhatian yang paling utama karena umumnya pengunjung akan memperhatikan tentang hal ini sebelum mereka memutuskan untuk memesan makanan atau minuman. 

pempek unyil

Tempat jualan atau kedai pempek kita harus dibuat semenarik mungkin dan mengundang selera pengunjung untuk datang. Tempat diberi warna yang cerah demikian juga halnya dengan meja. Kursi, dan lemari makanan. Pasanglah spanduk yang besar dengan bertuliskan “sedia pempek Palembang” diserta dengan gambar yang menarik. Bagaimanapun penampilan adalah alat komunikasi kita yang pertama terhadap pengunjung, penampilan akan memberikan pesan dan image pertama terhadap pengunjung. 

Jangan lupa kita juga sebaiknya menyiapkan tulisan tentang menu dan harganya yang disimpat disetiap meja serta dipajang di dinding. Selanjutnya buat;ah brosur atau pemflet tentang kedai pempek kita; dimana lokasinya, apa yang tersedia, berapa harganya. Brosur atau pamphlet tersebut disebarluaskan ditempat umum yang lokasinya tidak jauh dari kedai kita; misalnya di tempat parker, di taman, di perempatan jalan, dll.

Comments

Popular posts from this blog

Wirausaha Las Teralis, Pagar, Canopy

Wirausaha Toko Komputer

Usaha Pembuatan Es Batu