Usaha Warnet (Warung Internet)

wifi-warnet

 
Berikut ini adalah pembahasan untuk melakukan Wirausaha Warung Internet (Warnet) berdasarkan pengalaman dan cukup baik; meliputi faktor sbb :
Kebutuhan masyarakat akan koneksi internet semakin tumbuh dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan, terutama setelah munculnya situs jejaring sosial yang memungkinkan seseorang bisa berhubungan dengan kerabat, saudara bahkan teman lama. Kebutuhan masyarakat akan internet tersebut memberikan peluang yang baik untuk membuka usaha dibidang jasa pelayanan koneksi internet. Walaupun saat ini berbagai jenis jasa layanan koneksi internet tersedia dengan mudah dan cukup banyak; seperti misalnya : wifi berbayar, usb modem, wifi via android, koneksi internet langsung ke rumah, dll; namun warnet [warung internet] tetap masih memiliki peluang pasar yang cukup banyak peminatnya. 

Wirausaha Warung Internet (Warnet) harus dilaksanakan dengan sungguh sungguh dan memperhatikan kebutuhan konsumen; serta memperhatikan trend dan kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat. Banyak usaha seperti ini yang tidak bisa bertahan lama yang disebabkan oleh ditinggalkan konsumen karena rata rata obsolete (tidak up to date).


Usaha Warnet [warung internet] akan ramai dengan pengunjung dan peminat jika lokasinya di tempat yang mudah di jangkau oleh sejumlah orang yang memilki kebutuhan internet dimana layanan jenis lainnya tidak tersedia dengan baik; misalnya : di ibukota kecamatan, didesa yang ramai penduduknya, didekat sekolahan atau kampus perguruan tinggi, di dekat terminal bus, di lokasi tempat wisata, dll. Di lokasi tempat wisata apalagi yang sering dikunjungi oleh wistawan dari luar negeri akan memilki peluang yang sangat baik, karena biasanya wistawan luar negeri sering berhubungan dengan dengan keluarga atau kerabatnya via internet. Secara umum para pengguna internet yang akan mengarah pada penggunaan jasa layanan warnet adalah para mahasiswa, pelajar, remaja atau anak muda, wisatawan luar negeri,  atau orang yang memilki hobi tertentu yang membutuhkan koneksi internet, dll.

Untuk memulai Usaha Warnet tentu saja diawali dengan memilih tempat yang paling sesuai untuk dibukanya sebuah Warnet seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pilih tempat dengan kapasitas ruangan yang memadai untuk diisi dengan sejumlah 5 sampai dengan 10 buah space layanan internet. Selanjutnya adalah menentukan sumber koneksi internet; pilih sumber koneksi internet yang memadai baik dari segi harga, kecepatan maupun layanan. Sumber koneksi internet yang saat ini dikenal dan sudah umum digunakan untuk paket Warnet adalah Speedy dari Telkom. Sumber ini menyediakan paket khusus untuk Warnet. Setelah mengetahui harganya serta kelebihan dan kekurangan paket sumber layanan koneksi internet yang akan digunakan, maka dilanjutkan dengan menentukan semua hardware yang akan digunakan dan harus dibeli untuk fasilitas Warnet. 

komputer-warnet

Hardware tang biasanya digunakan untuk sebuah warnet akan terdiri dari sebuah Komputer Server, Komputer Admin, Komputer Client, dan semuanya kemudian dikoneksikan dengan menggunakan jaringan LAN. Dalam beberapa kasus Komputer Client ada yang digantikan dengan menggunakan Thin Client atau disebut juga dengan PC Station dengan lasan lebih ekonomis. Spesifikasi untuk Komputer Server tentu saja harus cukup baik terutama dari segi memory; karena akan digunakan untuk melayani sejumlah client yang terkoneksi. Didalam Komputer Server akan diinstal beberapa Software sebut saja OS Server, Billing Application, Server Administrator; dll. Sedangkan Komputer Admin akan digunakan untuk Administrator dalam memonitor dan mengendalikan koneksi Client terhadap jaminan layanan koneksi internet; dll. Untuk hardware jaringan LAN akan dibutuhkan Kabel LAN, Switchhub, Router, Repeater, Access Point, Firewall atau Hardware dan Software Mikrotik. 

Sebaiknya untuk instalasi Hardware dan Software diserahkan pada akhlinya; karena hal ini juga kan menyangkut tentang Security. Perlu diperhatikan bahwa didalam Komputer Server perlu diinstal beberapa Software yang akan dibutuhkan oleh Client sebagai Tools untuk layanan koneksi internet; misalnya saja berbagai jenis Browser versi terbaru; Downloader, PDF Reader, dll. Koneksi internet  Dan jangan lupa kita juga harus menyediakan beberapa hardware tambahan; misalnya : printer, scanner. dll. Kita juga bisa melakukan perbandingan antara harga dan spesifikasi hardware dengan cara memperhatikan paket hardware untuk warnet yang saat ini banyak ditawarkan. Tidak ada salahnya jika kita memilih satu diantarnya, karena biasa termasuk instalasi dan jaminan selama lebih dari  3 tahun.

Tahap berikutnya adalah membenahi ruangan untuk layanan pengunjung dalam menggunakan jasa koneksi internet. Setiap perangkat layanan yang terdiri dari Kompueter, Monitor, Mouse, Keyboard, Headset dan Camera Web disediakan dan ditempatkan dalam kabin yang diberi penyekat untuk memberikan privasi kepada pengunjung. Kita harus menentukan untuk setiap kabin apakah akan menggunakan kursi dan meja atau gelaran di lantai dengan diberi alas karpet. 

Pada umumnya banyak kabin Warnet yang gelaran dilantai dengan diberi alas karpet, dengan alasan lebih ekonomis dan memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Kita juga sebaiknya menyediakan semacam ruang  tunggu dimana pengunjung bisa duduk menunggu antrian atau mereka bisa menggunakan gadget-nya unuk koneksi ke wifi berbayar. Sebagai tambahan pelayanan kita bisa saja menyediakan minuman ringan dalam lemari pendingin, sehingga jika pengunjung ingin minum tidak perlu keluar dulu untuk membelinya.

Tarif penggunaan jasa layanan internet di beberapa Warnet saat ini dalah sekitar Rp. 5000,- [lima ribu rupiah] per jam. Sedangkan biaya paket koneksi internet ke sumbernya untuk layanan koneksi paket Warnet berkisar antara Rp. 750.000.- sampai Rp. 1000.000,- per bulan. Sehingga kita bisa menghitung perkiraan jumlah pengunjung minimal per harinya. Jika jumlah pengunjung kurang dari target minimal, maka sebaiknya kita segera melakukan strategi pemasaran dan promosi yang lebih gencar untuk meningkatkan jumlah pengunjung. 

Namun sebaliknya apabila jumlah pengunjung selalu melebihi kapasitas maka kita harus mengambil langkah langkah untuk peningkatan kapasitas, namun harus dilakukan dengan cermat karena dengan penambahan kapasitas artinya adalah investasi baru. Promosikan Warnet dengan berbagai cara; antara lain pasang papan nama tau spanduk didepan Warnet dengan dituliskan juga layanan yang bisa diberikan; misalnya : Browsing, Email, Facebokk, dll. Buatlah brosur yang mencantumkan nama Warnet; jenis layanan; alamat; dll. Sebarkan dengan menggunakan jasa tukang parkir; tukang antar koran; dll.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam menjalankan Usaha warnet [Warung Internet] adalah menangani keluhan pengunjung. Setiap keluhan atau komplain atau keinginan pengunjung harus kita catat. Keluhan atau komplain yang bisa segera diselesaikan tentu saja harus diselesaikan dengan secepatnya. Karena dalam menjalankan usaha warnet merupakan usaha yang mengandalkan jumlah pengunjung dan bukan merupakan kebutuhan primer dari sudut pandang pengunjung, maka kita harus benar benar berorientasi pada kepuasan pelanggan. Sedangkan keluhan atau komplain yang penyelesaiannya membutuhkan waktu maka kita harus membuat rencana atau jadwal untuk melakukan penyelesaian. 

Dan bahkan ada kemungkin beberapa keluhan harus diselesaikan dengan menimbulkan kebutuhan biaya baru, maka kita harus mepertimbangkannya dengan membandingkan antara manfaat atau benefit dengan biaya yang akan dikeluarkan. Pendek kata kita harus berupaya memuaskan pengunjung sehingga mereka akan kembali lagi ke tempat kita jika mereka ada kebutuhan. Beberapa keluhan pengunjung yang biasanya muncul antara lain : virus, spam, koneksi lambat, beberapa situs tidak bisa diakses, tidak bisa print, sulit upload, dll.

Comments

Popular posts from this blog

Wirausaha Las Teralis, Pagar, Canopy

Wirausaha Toko Komputer

Usaha Pembuatan Es Batu