Usaha Jualan Pulsa


usaha jualan pulsa

Usaha jualan pulsa handphone atau pulsa operator selular cukup lumayan pendapatannya karena ternyata jualan pulsa tersebut tidak ada habis habisnya artinya pembeli atau pelanggan akan datang lagi ketika pulsanya telah habis. Sudah banyak orang yang menjalankan usaha penjualan pulsa dengan berbagai cara; antara lain : membangun server pulsa, menggunakan layanan pembayaran via token, menggunakan chips masing masing operator, menggunakan chips all operator, jualan pulsa elektrik di kantor, di sekolah, di lingkungan tempat tinggal, dst. 

Margin dari jualan pulsa boleh dikatakan tidak terlalu besar paling Rp. 1000,- sampai dengan Rp. 2500,- untuk setiap kali transaksi tergantung besaran pulsa yang dijual. Untuk memperoleh pendapatan dan keuntungan yang besar dalam usaha jualan pulsa tiada lain adalah dengan mengejar omzet atau jumlah transaksi penjualan. 

Walaupun sudah banyak orang yang menjalankan usaha jualan pulsa, namun peluang usaha ini masih terbuka lebar dan cukup menjanjikan jika dijalankan dengan tekad dan tekun menjalaninya. Jumlah penggunaan handphone semakin banyak, karena harga handphone baru ataupun bekas semakin murah dari waktu ke waktu. Demikian juga halnya jumlah oprator selular juga bertambah, jaringan atau pembangunan bts semakin meningkat. Disisi lain penggunaan pulsa juga semakin meningkat dengan mulai dikenalnya media sosial oleh berbagai kalangan termasuk rakyat biasa dan bahkan anak sekolahan. 

Berikut ini adalah pembahasan tentang Usaha Jualan Pulsa berdasarkan pengalaman yang telah dilakukan; sbb :
Karena penggunaan pulsa selular pada saat ini tidak hanya sebatas telpon atau kirim sms, namun sudah merambah ke akses internet. Penggunaan internet juga semakin mudah setelah dikenalnya gadget berupa tablet dan modem usb yang menggunakn simcard. 

operator pulsa

Jika kita ingin menjajagi untuk mendapatkan penghasilan dari jualan pulsa handphone, maka langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah sejumlah modal untuk melakukan deposit pulsa dari operator yang diinginkan. Ini artinya kita akan berjualan pulsa elektrik. Deposit modal sebaiknya diawali dengan jumlah minimal sesuai persyaratan terlebih dahulu, maksudnya untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, misalnya : menghindari penipuan, menghindari bila suatu saat berubah pikiran, dll. Selanjutnya carilah agen atau distributor pulsa untuk membeli chips, sebagai langkah awal sebaiknya menggunakan sistem 1 chips untuk all operator. Untuk mengeyahui distributor yang dipercaya dan baik layanannya maka cobalah jalan jalan ditempat dimana banyak counter HP dan pulsa, selanjutnya tanyakan (survey) ke beberapa counter (semakin banyak makin baik) tentang distributor 1 chips all operator yang bisa dipercaya dan baik layanannya. Dari hasil survey tersebut maka akan diperoleh kesimpulan tentang distributor pulsa 1 chips all operator yang bisa dipercaya dan baik layanannya. Sebaiknya anda juga memebeli beberapa nomor perdana, voucher isi ulang dari beberapa operator yang sering atau biasanya diminta oleh calon pembeli. 

Langkah berikutnya adalah menyediakan peralatan antara lain 2 buah HP untuk melakukan transaksi pembelian pulsa (2 chips all operator, 1 untuk cadangan), dan 1 buah HP lagi untuk pegangan anda berkomunikasi apabila dalam transaksi pulsa tidak lancar. Peralatan lainnya adalah lemari kaca (etalase, tokui) kecil untuk menyimpan beberap kartu perdana dan voucher isi ulang, hal ini diperlukan untuk memancing ketertarikan calon pembeli. Selanjutnya carilah tempat atau lokasi untuk anda mangkal melakukan jualan pulsa, tentu saja harus ditempat yang representatif misalnya di dekat perkantoran, di dekat sekolahan, di dekat mall, di dekat pasar, dll. 

Ketika anda mulai mangkal di lokasi, jangan lupa untuk permisi dan bila perlu meminta ijin kepada pemilki tempat atau kepada tetangga terdekat. Maka sekarang anda sudah bisa jualan pulsa handphone, dalam perjalanannya kita akan mengetahui seluk beluk jualan pulsa seperti ini. Kendala kendala yang terjadi pada umumnya adalah transaksi pulsa kurang lancar namun untuk hal seperti ini sudah ada standarnya atau prosedurnya, jangan lupa untuk ditanyakan ke distributor pulsa tentang hal ini. Perihal tempat biasanya ada saja yang merasa keberatan dengan kedatangan kita, hal seperti ini dapat diatas dengan penjelasan dan pebndekatan yang baik, namun bila tidak memungkinkan kita bisa pindah lokasi. Kendala lainnya adalah pembeli pulsa tidak begitu banyak (atau sama sekali tidak ada yang datang membeli pulsa), jangan khawatir hal ini karena anda masih pendatang baru dan belum dikenal. 

jual pulsa

Jika jualan pulsa seperti ini sudah berjalan selama 2 sampai dengan 3 bulan dan kondisinya lancar, maka sistem penjualannya agar diganti dengan 1 chips untuk 1 operator; misalnya untuk operator Telkomsel menggunakan distributor MKIOS. Dengan sistem seperti ini biasanya harga akan lebih murah dibandingkan dengan sistem 1 chips all operator. Jika akhirnya anda menggunakan cara seperti ini 1 chips 1 operator, maka anda harus menyiapkan peralatan HP untuk masing masing chips dan masing masing operator. 

Langkah selanjutnya adalah tentang pemasaran, kita harus aktif melakukan promosi pemasaran dan dimulai dengan membuat baliho atau banner yang dipasang di dekat lokasi kita berjualan pulsa. Promosi selanjutnya adalah kepada anggota keluarga dan saudara saudara kita, dilakukan pendekatan agar mereka dapat membeli pulsa kepada kita; namun harus diingat jangan memberikan kelonggaran untuk mengutang terlebih dahulu karena harga pulsa tidak seberapa dan suatu saat kita akan segan untuk menanyakan (menagih). Kita harus terus menerus melakukan promosi, setelah anggota keluarga dan saudara selanjutnya kepada teman dan orang orang yang kita kenal. 

Kita harus menentukan dan membuat jadwal dari jam berapa sampai jam berapa akan berjualan pulsa di lokasi, karena tidak mungkin untuk mangkal terus menerus selama 24 jam. Jadwal ini harus disosialisasikan kepada para pembeli dan bila perlu dituliskan di dekat lokasi kita berjualan. Ada baiknya apabila kita juga memasang harga atau tarif pulsa untuk masing masing operator, namun hal ini kadang kadang menjadi kendala apabila harganya kurang kompetitif. Jika kita semangat menekuninya dan sabar bahwa rezeki itu sudah ada yang mengatur, maka tidak menutup kemungkinan kita akan sukses memperoleh penghasilan dari usaha jualan pulsa selular. 

Comments

Popular posts from this blog

Wirausaha Las Teralis, Pagar, Canopy

Wirausaha Toko Komputer

Usaha Pembuatan Es Batu