Usaha Gerai Ponsel


usaha gerai ponsel

Penggunaan handphone atau hp dan gadget (tablet, smartphone) saat ini sudah menjadi hal yang umum di masyarakat bahkan sudah berubah menjadi kebutuhan, sampai sampai ada istilah…”hari gini ..nggak punya HP”. Hampir semua lapisan masyarakat saat ini menggunakan handphone mulai dari anak anak, remaja, dewasa, tua, orang desa, orang kota, guru, petani, dll. Handphone atau Ponsel yang memilki fasilitas koneksi ke internet juga semakin meningkat penggunaannya setelah maraknya penggunaan media jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Sebuah ponsel untuk bisa sampai ke tangan seseorang dan untuk bisa digunakan berkomunikasi oleh masyarakat ternyata melibatkan banyak pihak mulai dari pabrikan ponsel, pemilki software, operating system, agen, distributor, operator selular, pembangunan menara BTS, toko besar, toko kecil sampai ke gerai ponsel.

usaha gerai ponsel mindmap

Demikian banyaknya pihak yang terlibat; misalnya saja operator selular sangat bermacam macam dengan berbagai tawaran serta iklan yang semakin jor joran dan menggiurkan. Demikian pula halnya berbagai asesories ponsel semakin bermunculan dan banyak ragamnya; sebut saja : sarung hp, karet pelindung hp, gantungan hp, penguat sinyal, anti gores, casing, sampai ke power bank, dll. Kita juga akan sangat mudah untuk menemukan sebuah Gerai Ponsel yang menjual berbabagi jenis ponsel; dari mulai ponsel bekas, model baru, baru bekas, asesories, dan kartu perdana dari berbagai jenis operator. Jika kita jalan ke mall maka akan ditemukan distributor dan beberapa gerai kecil, sedangkan agen biasanya memilki kantor, toko, dan gedung tersendiri. Untuk menjalankan usaha dengan menjajagi membuka Gerai Ponsel yang nantinya akan menjual berbagai jenis ponsel baru maupun bekas, serta berbagai jenis asesories tentu saja kita akan dihadapkan dengan persaingan yang luar biasa. Namun demikian kita tidak perlu khawatir dengan moal keyakinan, tekad yang kuat serta tekun dalam menjalankan usaha, serta mau belajar terus menerus maka rejeki tidak akan kemana.

usaha jualan ponsel


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi toko atau gerai upayakan untuk memperoleh tempat yang strategis dan lokasinya tidak jauh dari sumber dimana kita nantinya akan memperoleh barang dagangan berupa berbagai jenis ponsel dan asesories. Lokasi lokasi strategis umumnya di sekitar mall, didalam mall, sekitar pasar, didekat pertokoan, atau didekat sesama gerai ponsel membentuk komunitas. Kemudian kita upayakan agar gerai menarik perhatian calon pembeli dengan cara menatanya sedemikian rupa; mulai dengan melengkapi tokui atau lemari kaca unutk pajangan, lampu lampu, dan spanduk serta baliho. Kita akan membutuhkan modal namun tidak terlalu besar untuk membeli tokui atau lemari pajangan, serta berbagai pernak pernik untuk menarik perhatian, demkian juga halnya untuk menyewa tempat. Tempat yang akan disewa tidak perlu terlalu besar namun secukupnya saja yang terpenting adalah bisa memajang barang dagangan. Sebagai contoh bila kita akan menyewa tempat didalam mall cukup dengan menyewa lantai ukuran 2 x 2m.

gerai ponsel

Langkah berikutnya yang harus dilakukan cukup berat dan penuh tantangang serta membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam berkomunikasi serta mengenal barang dagangan atau berbagai jenis ponsel dan harganya dipasaran. Hal yang perlu dilakukan adalah mendatangi beberapa agen dan distributor untuk melakukan kerjasama atau istilah keren-nya adalah konsinyasi. Dengan bermodalkan sedikit uang saja kita bisa mendapatkan barang dagangan yang bagus, umumnya sisa pembayaran akan dilakukan dibelakang setelah barang laku atau pada periode waktu tertentu kita membuat laporan. Langkah ini merupakan lankah yang cukup penting karena akan menentukan masa depan dari usaha kita, jaminannya adalah kepercayaan dan jika perlu kita mesti melakukan membangun citra untuk bisa dipercaya. Pihak agen dan distributor tidak akan percaya begitu saja, biasanya mereka melakukan uji coba terlebih dahulu lantas memonitor dan memantaunya. Jika pada periode tertentu barang dagangan tidak laku umumnya dibuat perjanjian hal apa saja yang mesti dipenuhi. Jika sudah dipercaya bahkan akan ada agen yang berani untuk melakukan make up terhadap gerai kita agar lebih menarik, tentu saja dengan menonjolkan produk tertentu.

Jika sudah berhasil memperoleh barang dagangan maka kita tinggal melakukan pemasaran, promosi dan penjualan, menunggu calon pembeli serta melayaninya dengan baik. Kita tidak boleh tinggal diam menunggu calon pembeli, namun harus berupaya untuk melakukan promosi dimulai dengan memperkenalkan Gerai Ponsel kita kepada kerabat, keluarga, temannya teman, temannya keluarga, tetangga, dst. Selama proses berjalan kita jangan lupa untuk melakukan analisa tentang rata rata kebutuhan masyarakat terhadap perangkat Ponsel, jenisnya, harganya, dll. Sebagai contoh beberapa waktu yang lalu jenis Blackberry sangat digemari oleh berbagai kalangan, kemudian adanya tren meningkatnya permintaan Smartphone Android, ada juga musimnya lagi ramai Tablet, dst. Jangan lupa bahwa kita juga mesti menambah wawasan dan pengetahuan terus menerus tentang hal hal baru dalam dunia perangkat Ponsel agar tidak ketinggalan, hal ini bisa dilakukan dengan cara membaca tabloid ponsel atau browsing internet.

Comments

Popular posts from this blog

Wirausaha Las Teralis, Pagar, Canopy

Wirausaha Toko Komputer

Usaha Pembuatan Es Batu