Usaha Sanggar Studio Senam Kebugaran

senam-kebugaran

 
Berikut ini adalah pembahasan tentang memulai Usaha Sanggar Studio Senam Kebugaran; sbb :
Senam Kebugaran secara sekilas adalah aktifitas gerakan senam secara missal yang diiringi dengan musik yang bersemangat sehingga rasa lelah tidak begitu terasa karena menikmati gerakan yang mengikuti irama lagu. Aktifitas Olahraga Senam Kebugaran sangat diminati oleh ibu ibu dan para wanita yang menginginkan bentuk tubuhnya ideal atau berpenampilan bugar dan menarik. 

Selain itu aktifitas Senam Kebugaran juga diminati oleh orang orang yang memperhatikan Olahraga Senam sebagai  jalan keluar untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik. Secara umum mereka itu adalah usia paruh baya yang kondisi sosial ekonominya menengah keatas. Karyawan Swasta atau Pegawai Negeri Sipil biasanya satu kali dalam seminggu akan mengikuti aktifitas senam kebugaran di tempat kerjanya. Banyak diantaranya merasa kurang dengan aktifitas yang cuma satu kali dalam seminggu. Kondisi seperti merupakan peluang pasar yang cukup berpotensi memberikan keuntungan jika kita jeli untuk mengolahnya menjadi suatu bidang usaha yang serius untuk digarap; yaitu Usaha Sanggar Studio Senam Kebugaran.

Usaha jenis ini merupakan usaha yang berlandaskan pada hobi dan kesukaan; jika tidak hobi atau menyukai sebaiknya tidak menjalankan usaha jenis ini; karena kemungkinan besar tidak akan berjalan sesuai dengan harapan.

Memulai membuka usaha Sanggar atau Studio Senam tidak begitu sulit yang terpenting kita mengetahui sumberdaya apa saja yang dibutuhkan dan memahami cara mengelola serta melakukan perawatan terhadap sumberdaya yang digunakan. Beberapa sumberaya utama yang dibutuhkan antara lain adalah : tempat atau bangunan Studio Senam, Instruktur Senam, Sound System, Ruang Ganti Pakaian. Sedangkan beberapa fasilitas pendukung yang juga cukup penting keberadaannya antara lain : Tolet, Air Minum, Alat Pengukur Berat Badan, Cermin Besar, Ruang Tunggu dan Kantor Administrasi, Matras, atau Karpet Senam, Tempat Penyeka Keringat (Handuk), dll. Selanjutnya tidak kalah pentingnya adalah tenaga kerja yang akan mengelola dan melakukan perawatan, kebersihan serta administrasi terhadap sumberdaya yang digunakan.

senam-aerobik

Instruktur Senam Kebugaran memegang peranan dalam hal kinerja dan jumlah peserta atau peminat Senam Kebugaran. Kita mesti memberikan perhatian yang lenih terhadap Instruktur Senam Kebugaran; pilih beberapa Instruktur yang professional dan berikan jadwal yang menantang. Beberapa kesalahan yang terjadi adalah memilih Instruktur Senam yang rupawan namun tidak menguasai materi serta tidak bisa mengikuti atau mengimbangi keinginan peserta atau pelanggan. Senam Kebugaran tidak bersifat asal gerak sambil diiringi musik, namun gerakan yang diterapkan bertahap dan memilki tujuan untuk kebugaran namun tidak menghilangkan unsur hiburan (entertainment). Kesalahan lainnya adalah hanya mengandalkan pada seorang saja Instruktur sehingga peserta atau pelanggan merasa bosan dan akhirnya berhenti berlangganan.

Hal berikutnya yang penting untuk diperhatikan adalah tempat untuk senam kebugaran, biasa dipilih didalam ruangan atau bisa juga diluar ruangan namun akses kedalam tempat tersebut harus dijaga, karena beberapa peserta biasanya membutuhkan privasi yang memadai. Tempat senam untuk laki laki dipisahkan dengan tempat senam untuk perempuan karena di kita hal seperti  ini akan menjadi rawan untuk menjadi polemik dan permasalahan baru. Tempat senam harus terawatt dengan baik, bersih dan tidak kumuh. Ruangan yang tidak disapu dan tidak dipel akan diketahui oleh pengunjung atau peserta senam, dan hal ini akan mengurangi nilai kepuasan pelanggan. Selanjutnya toilet juga seringkali dijadikan ukuran oleh pelanggan, toilet yang terawatt, bersih dan wangi serta air yang lancer akan memberikan nilai plus.

olahraga-senam-aerobik

Kita akan mendapatkan penghasilan utama dari iuran anggota peserta senam kebugaran yang biasanya dilakukan bulanan. Namun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa kita juga akan mendapat penghasilan lain dari yang lainnya; misalnya : pakaian senam, minuman ringan, sponsorship, dll. Pada awalnya peserta senam kebugaran akan ramai kemudian lambat laun satu, dua atau tiga orang akan mengundurkan diri dan akhirnya akan sepi. Hal seperti ini harus dapat diantisipasi dengan berbagai strategi; misalnya memberikan kupon door prize bagi peserta yang sudah hadir 10 (sepuluh) kali ikut serta. Strategi lainnya adalah mendatangkan instruktur tamu yang terkenal dan sudah punya nama, Ada juga yang dicoba dengan mendatangkan grup band sebagai pengiring gerakan senam secara live.

Pemasaran Sanggar atau Studio Senam Kebugaran dapat dilakukan dengan cara menyebarkan brosur ditempat tempat yang tidak jauh dari lokasi sanggar, atau di tempat tempat yang ramai dan tempat parkir. Kita juga bisa menawarkannya kepada kerabat, saudara dan kolega di tempat kerja. Jangan lupa kita harus membatasi jumlah peserta atau pelanggan sesuai dengan kapasitas ruangan dan jumlah instruktur. Promosikan bahwa senam akan mengurangi biaya perawatan kesehatan keluarga, dan menawarkan opsi kesehatan dan kebugaran. Kita juga dapat memanfaatkan pelanggan atau peserta senam untuk mempromosikannya kepada teman atau saudaranya.

Comments

Popular posts from this blog

Wirausaha Las Teralis, Pagar, Canopy

Wirausaha Toko Komputer

Usaha Pembuatan Es Batu